Recovery Password Root
January 22, 2009, 12:28 am
Filed under: Linux Hacking

root adalah user “dewa” pada sebuah mesin linux, dengan menggunakan user yang satu ini kita dapat melakukan apapun, sekali lagi apapun tanpa terkecuali, termasuk merubah dan menghapus file system secara keseluruhan (atau dengan kata lain melakukan ‘harakiri’ seringai besar ).

Lalu, bagaimana jika suatu saat sifat pelupa kita kambuh dan kita melupakan password root kita yang berharga ini?? Hmmm…. berikut beberapa solusi yang bisa kita coba:

1. Jika kita sudah pernah mensetting file sudoerrs atau mengaktifkan perintah ‘sudo su’ di mesin linux kita, ini bukanlah masalah yang sulit, kita tinggal ketikkan perinta ‘sudo su’ dan sebagai langkah selanjutnya cukup ketikkan perintah ‘passwd’, selesai. tenang

2. Masuk ke sistem dalam mode recovery, ini bisa kita lakukan kalau kita menginstall kan lilo atau grub sebagai gerbang sebelum memasuki sistem operasi di komputer kita. Jika kita menggunakan grub, sebelum booting, kita bisa tekan tombol ‘e’ untuk mengedit baris perintah/command. Cukup tambahkan frase ‘single’ pada command yang sudah ada (untuk lebih lengkapnya silahkan pelajari kembali file /boot/grub/menu.list seringai besar). Selanjutnya kita akan langsung masuk ke mesin linux kita sebagai root tanpa harus mengetikkan password (terkejut??). Setelah tahap ini, kita bisa langsung mengetikkan perintah passwd seperti biasa untuk mereset password root kita.

3. Masuk ke sistem dengan menggunakan sistem operasi linux lain. Kita bisa lakukan dengan menggunakan linux liveCD, seperti slackware atau knopix live. Booting komputer kita ke CD. Lalu setelah berhasil masuk ke sistem linux (yang live CD), mount partisi / (root) sistem linux kita yang asli.

#mount /dev/hda1 /mnt/root

pada contoh di atas, kita me-mount partisi root kita yang ada di /dev/hda1 ke direktori /mnt/root.

Kemudian, setelah mounting berhasil, kita bisa ketikkan perintah

#chroot /mnt/root

Lihat perubahan apa yang terjadi?? Ya, sekarang kita sudah menjadi user root untuk sistem kita yang asli. Selanjutnya, seperti biasa, jalankan perintah passwd dan masalah pun selesai diatasi tenang .

4. Ok, ini adalah cara terakhir yang bisa saya berikan, cara yang paling ampuh saat semua cara di atas tidak berhasil. Install ulang linux anda!! Maka dijamin 100%, semua masalah yang anda hadapi akan terselesaikan, julurkan lidah

Terakhir, tulisan ini saya buat sekedar untuk kepentingan pengetahuan belaka, jadi saya sama sekali tidak bertanggung jawab kalau ada seseorang yang memanfaatkan teknik-teknik di atas untuk melakukan pengrusakan atau hal-hal buruk lainnya.
I’m so sory:)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: