Sedikit Cerita Tentang “LASKAR PELANGI”
January 22, 2009, 5:35 pm
Filed under: Novel Laskar Pelangi

Kisah masa kecil 10 anak(pada akhir cerita bertambah 1) kampung miskin yang bersekolah di sekolah yang juga miskin dan lebih mirip gudang kopra. Semangat mereka untuk memperoleh pendidikan begitu memberi insprirasi:

1. Ikal (sang juara kelas yg jadi tukang sortir di kantor pos, namun akhirnya bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri).
2. Lintang (Isaac Newton yang lahir di keluarga nelayan miskin, namun kejeniusannya harus berakhir di sebuah bedeng kumuh, karena kematian ayahnya 4 bulan sebelum ujian akhir SMP. selama sekolah, tiap hari harus menempuh jarak 40km ke sekolahnya).
3. Mahar (seniman eksentrik yang selalu dianggap tidak masuk akal, namun karya2nya selalu membanggakan sekolah&teman2nya. Dan akhirnya menjadi penulis.)4. A kiong (keturunan tionghoa, satu-satunya alsan kenapa ayahnya menyekolahkannya di sekolah islam adalah karena sekolah itu gratis. Keluargannya sama miskinnya dengan teman2nya).
5. Syahdan (anak yang paling tidak menonjol, selalu ingin menjadi aktor, meski hanya kebagian peran jadi tuyul atau jin. akhirnya menjadi network designer, dia yang paling sukses diantara anggota laskar pelangi).
6. Kucai (sang ketua kelas yang penglihatannya melenceng 20derajat. akhirnya bisa menjadi politikus di belitong).
7. Borek (lebih suka dipanggil samson, maniak otot, akhirnya menjadi kuli di toko milik a kiong&sahara).
8. Trapani (sang juara tiga yang tampan, dan begitu menyayangi ibunya. Akhirnya harus dirawat di RS Jiwa karena menderita mother complex).
9. Sahara (anak gadis yang taat beragama dan pantang berbohong, selalu setia mendengar cerita2 harun).
10. Harun (anak kecil yg ‘terperangkap’ dalam tubuh orang dewasa. Selalu bercerita tentang kucingnya, selalu, setiap hari, sepanjang tahun).
11. Flo (satu-satunya anak orang kaya yang sekolah di sana. Ia pindah dari sekolahnya yang kaya raya ke sekolah miskin karena begitu kagum pada mahar dan begitu tertarik pada hal2 mistis. Akhirnya menjadi guru di sekolah islam).

And the last, sekolah mereka harus ditutup karena tidak mendapat muri. Seru deh kalo dibaca semuanya…:p


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: