Beda Speedy Unlimited Warnet dan Office
January 30, 2009, 10:35 am
Filed under: jaringan, Tutorial IT

Banyak orang yang bertanya, sebenernya apa sih bedanya unlimited warnet dengan unlimited office? Secara gitu, harganya juga beda (hampir 2x lipatnya) padahal sama-sama unlimited dan di klaim mampu berlari sampai dengan 64/384 kbps.

Jadi setelah melakukan browsing sana sini ternyata ungkapan bahwa “harga gak pernah bohong” itu benar. Kenapa? Karena jelas ternyata perbedaan speedy unlimited warnet dan office di QoS alias Quality of Service berbeda.Speedy unlimited warnet:

1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00

2. Harganya Rp. 1.750.000,00 sebelum PPn 10% dan bea materai

3. Kuotanya unlimited

4. QoS bandwidth 32 kB/s (kurang lebih 256 kbps). Artinya minimal kamu akan mendapatkan speed tidak kurang dari 32 kB/s (walaupun speed upto 384 kpbs yang dijaminkan telkom adalah speed dari modem sampai BRAS)

5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 2 hari

Speedy unlimited office:

1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00

2. Harganya Rp. 750.000,00 sebelum PPn dan bea materai

3. Kuotanya unlimited

4. QoS bandwidth 16 kB/s (kurang lebih 128 kbps). Artinya minimal kmu akan mendapatkan speed tidak kurang dari 16 kB/s. Padahal speedy teorenya bisa sampe 48 kB/s

5. SLG (Service Level Guarantiee) kurang dari 3 hari

Nah saya sudah merasakan sendiri bedanya speedy unlimited warnet dengan office ini. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalo koneksi intenet broadband speedy jika jam-jam sibuk koneksi internasionalnya selalu melambat dibandingkan jika mengakses diatas jam 11 malam. Nah ketika menggunakan speedy unlimited office, siang-siang saya coba tes kecepatan link internasionalnya ternyata berada pada kisaran 18-24 kB/s. kalo malem dapetnya bisa 38-43 kB/s. Beda halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika siang (jam sibuk) saya tes kecepatan link internasional dapetnya selalu diatas 30 kB/s.

Satu hal lagi. Speedy unlimited warnet dan office kan selalu di sharing lagi ke beberapa komputer. Nah disini juga mulai terasa lagi perbedaannya. Ketika speedy unlimited office disharing ke lebih dari 10 komputer dan mereka mengakses internet secara bersamaan, pasti akan terasa sangat lambat. Bagi speedy unlimited office dishare ke lebih dari 10 PC kantor saya sarankan menggunakan server lagi dengan manajemen bandwidth & proxy yang baik, jika tidak maka bisa tewas koneksinya …. Lain halnya dengan speedy unlimited warnet, ketika dishare ke lebih dari 10 PC tanpa menggunakan server, speednya masih lumayan bisa “bertahan”.

Ada beberapa pertanyaan “bisa gak sih speedy unlimited office dipakai untuk warnet”. Saya rasa sih bisa, asal kamu bisa yakin kalo QoS 16 kB/s itu cukup untuk warnet kmu. Sementara urusan legal atau tidak, saya tidak tau pasti mengenai hal ini.

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai koneksi internet broadband speedy:

1. Speed 64/384 kbps adalah speed yang dijaminkan oleh telkom dari modem sampai BRAS, urusan setelah BRAS ke gateway internasional dapet speednya kurang dari itu ya bukan urusan TELKOM. :p

2. Jika kamu ingin berlangganan speedy, tanyakan dulu ke 147 apakah nomor telepon kmu dapat digunakan. karena banyak yang kecewa karena teleponnya tersambung dengan FO serta WLL (bukan kabel fisik tembaga)

3. Pastikan kondisi kabel telepon setelah DW menuju ke modem dalam kondisi yang prima (kalo bisa sih pake kabel twisted dengan diameter tembaga 0,6 mm)

4. Gunakan modem yang teruji “tahan banting” dan awet (LINKSYS jg uda lumayan).

5. Setelah kamu berlangganan pastikan kondisi SNR margin diatas 25 dB dan line attenuation dibawah 10 dB. Semakin besar nilai SNR margin dan semakin kecil nilai line attenuation maka kualitasnya semakin baik.

6. Apabila kamu mengambil paket limited, pastikan komputer kamu bersih dari virus/trojan/downloader dll. Biasakan mematikan modem apabila tidak digunakan (apalagi untuk speedy time based).

7. Speedy unlimited warnet akan mendapatkan IP address static, sedangkan speedy office, limited personal, professional dan time based akan mendapatkan IP address dynamic.

8. Modem ADSL seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan kualitas, jadi jangan heran jika nantinya setelah lebih dari setahun digunakan performanya menurun. Indikasi yang paling mudah terlihat adalah lamanya proses connecting modem ke DSLAM.

9. Semakin dekat posisi kamu dengan sentral telepon (MDF) maka semakin baik kualitas sambungan speedy kamu.

10. Kualitas sambungan speedy akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kabel dan besarnya interferensi yang memengaruhi.

So, gunakan dengan bijak.

Sumber : forum.detik.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: